header photo

Tuesday, March 6, 2012

Elang Setiwel ( hieraaetus pennatus )


Rajawali berukuran kecil (50 cm), dengan dada coklat kemerahan saat fase gelap, atau putih agak kuning tua saat fase terang. Tidak berjambul, kaki berbulu. Dagu, pipi, dan bulu penutup ekor bawah kuning tua sampai coklat.
Tubuh bagian atas coklat berbintik-bintik hitam dan kuning tua, sayap dan ekor coklat lebih gelap. Pada waktu terbang, bulu-bulu primer yang berwarna gelap terlihat sangat kontras dengan bagian bawah bulu penutup sayap yang kuning tua (fase terang) dan coklat kemerahan (fase gelap). Bulu penutup ekor berwarna pucat.
Iris coklat, paruh kehitaman, sera dan kaki kuning.

Suara :
Lemah, tinggi “kiii”

Penyebaran global :
Berbiak di Afrika, Erasia brat daya, India barat laut, dan Cina utara. Pada musim dingin bermigrasi ke selatan sampai ke Afrika, India, dan Semenanjung Malaysia.

Penyebaran lokal :
Tercatat sebagai pengembara di Sumatra dan Bali.

Kebiasaan :
Mendiami kawasan di pinggir hutan, terlihat berputar-putar atau meluncur rendah di atas pohon. Berburu di habitat terbuka dan hutan, sebagian besar mangsa ditangkap di permukaan tanah. Juga berburu dari tempat bertengger. Kadang berburu bersama pasangannya.


Makanan:
Burung berukuran kecil sampai sedang: merpati, gagak, unggas, dan keluarga burung passerine; mamalia: tikus, tupai, kelinci; kadal, dan serangga.

Perkembangbiakan:
Menerami telur bulan April-Mei. Bersarang di atas pohon atau di tebing. Telur biasanya 2 butir (1-3), dierami selama 37-40 hari. Anakan mulai belajar terbang dan meninggalkan sarang umur 50-54 hari.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...