header photo

Thursday, March 15, 2012

Kenari Keseluruhan


Kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang popular di Indonesia. Postur tubuh burung ini tidak besar. Burung kenari masuk dalam keluarga Serinus canaria, yang penyebarannya meliputi Kepulauan Canarry, Madeira, Azores hingga Bermuda. Burung Kenari menjadi burung kesayangan kaum bangsawan dari masa lalu, bahkan burung kenari dijuluki burung “Priyayi”, karena pemeliharanya sangat istimewa, bilamana diperlukan burung ini akan dibuatkan ruangan khusus atau di kerodong untuk menghindari gigitan nyamuk.


Burung ini memiliki jenis variasi warna yang cukup banyak. Mudah dikenali dan kicauannya bervariasi, keras, dan tajam. Ciri khas lainnya, Kenari jantan tenggorokannya menggelembung saat bernyanyi. Kenari jantan memiliki suara ngerol cukup panjang. Sedangkan Kenari betina bunyinya hanya pendek-pendek, bahkan bisa dibilang tidak rajin berbunyi. Daya tarik Kenari, selain pada suaranya, juga bentuk dan warnanya. Kicau mania paling suka dengan Warna-warna polos, misalnya warna merah wortel, kuning, putih, abu-abu, coklat dan lainnya.

Beberapa tahun lalu, Kenari dari jenis Star Blue (warna abu-abu), banyak diburu oleh para kicau mania. Saat itu, penggemar lebih mengutamakan jenis daripada kualitas suara. Tapi dalam perkembangannya, setelah penangkar Kenari banyak yang menghasilkan jenis Star Blue. Sedikit demi sedikit, Kenari warna abu-abu ini ditinggalkan penggemarnya. Kenari sangat mudah ditangkarkan, sehingga banyak penangkar pemula yang berhasil. 

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...