header photo

Friday, March 30, 2012

Merawat Burung Moulting



Gudang Burung - Para penggemar burung ocehan terutama pemula dalam merawat burung masih kadang bermalas malasan, bukan itu saja,Pemain gaekpun juga masih banyak yang kurang memahami/menguasai tata cara perawatan tepat baik,apalagi saat burung tersebut, sedang dalam kondisi rontok bulu atau menyulamrasa ogah ogahan sering timbul,bila sudah demikian, maka akan berakibat burung bisa fatalnya tidak mau berbunyi.





 Dilapangan juga banyak penggemar yang sering tidak sabar dalam merawatnya sehingga mengakibatkan menurunnya kwalitas suara kicaunnya. Dalam kondisi ini kalau tidak di perhatikan secara serius maka burung kesayangan itu akan cepat rusak, sehingga terbesit akan di jual ala kadarnya, tidak jadi demikian kita perlu mengetahui dan melaksanakan perwatan yang baik serta benar agar burung tersebut kembali pulih. Kini dengan terbitnya media majalah burung pas online ini, berusaha membantu dan menyajikan cara merawat burung yang lebih tepat, rubric ini di rangkum dari para pakar dan perawat handal,yang sudah terbiasa merawat burung berkicau yang sedang mengalami proses ganti bulu.







Adapun TIPS PERAWATAN BURUNG BERKICAU AGAR CEPAT GANTI BULU

Sebagai berikut : pertama lakukan pengurangan makanan berupa kroto (tidak jor-joran) Kedua berikan
Ketiga berikan sekitar 7 ekor Jangkrik dan (biarkan dia makan semampunya) ke empat kondisikan burung agar tetap hangat, bila perlu di kerodong saat mal;am hari. Ke Lima sinar matahari hendaknya di kurangi (jangan di jemur berlarut larut) kecuali burung yang mengalami kedinginan diperlukan sinar matahari yang cukup.


 Ke Enam berikan menu cacing yang sudah di sterilkan (jangan mengambil dari dalam tanah secara langsung.) Untuk saat ini telah banyak beredar aneka cacing yang sudah di sterilkan. Ke tujuh rawat dengan teliti, hati-hati serta sabar tetapi serius dan penuh tanggung jawab. makanan yang berprotein tinggi dan mengandung lemak, kemudian berikan menu ransum berupa voer atau (BR) atau pakan khusus ocehan yang telah di buat dengan kadar protein yang telah di formula secara khusus akan kandungan nutrisinya.





PERAWATAN YANG SEDANG MENGALAMI PROSES GANTI BULU


Berikut ini juga di uraikan perawatan burung yang sedang proses ganti bulu. Sebelum melakukan secara mendalam diperlukan pemahaman yang lebih teliti agar hasilnya memuaskan. Lebih lanjutnya mari kita simak tips dan trik sebagai berikut : Pertama burung yang sedang proses ganti bulu juga memerlukan makanan yang bergizi dengan protein yang cukup. Dalam proses ini, burung selalu memerlukan makanan yang mengandung protein yang tinggi minimal sekitar 17% protein serta pakan yang mengandung energi yang cukup. Ke dua berikan Jangrik setiap pagi minimal 2 ekor dan sore 2 ekor,namun pemberian jangkrik ini hendaknya di berikan secara rutin tiap hari sampai keadaan bulu burung pulih, kalo sudah demikian maka burung akan siap berkicau setelah tenaga sudah vit. 


Ke tiga makanan kroto juga diperlukan, namun hanya 3 hari sekali dan itupun tak boleh berlebihan, hal ini harus dibatasi dalam wadah pakan (secukupnya)Kempat pemberian buah juga harus di hindari kecuali bila burung itu makanan kesukaannya berupa buah, maka dapat diberikan sesuai porsinya. Hal ini dapat kita ambil contoh semisal seperti Cucak Rowo,Jenggot,trucuk dll itukan jelas makan kesukaanya buah buahan maka perlu di sediaka. Ke limaKe enam lakukan perawatan kandang /sangkar dalam keadaan bersih tanpa kotoran, sedang untuk tempat makan,dan minum juga harus bersih, jangan dibiasakan tempat minum sampai berlumutan sampai warna hijau atau kehitam-hitaman, nah ini perlu di hindari, dan bila perlu setiap dua ( 2) hari sekali di bersihkan. penjemuran diperlukan hanya sekitar lima 10 s/d 15 menit saja, itu pun bila ada sinar matahari. 

Ke enam burung Jangan di mandikan, karena bila mandi burung akan selalu didis (bersolek) dan kemudian hanya akan ngibas-ngibaskan sayapnya, penting kita ketahui apa yang terjadi bila hanya demikian ? tentu hal yang demikian, bulu yang baru tumbuh dan masih muda tersebut mudah rusak atau rontok, sebab bulu belum kuat. Oleh karenanya, kita harus menghindari mandi sebelum bulu kuat. Namun bila mandi diperlukan hanya kita hanya memandikan pakai sprayer saja, itupun jangan sampai basah kuyup atau menggigil kedinginan. Perawatan yang terakhir Kerodonglah burung kesayangan anda itu,agar tetap tenang dan tidak mendengar suara gaduh (sebaiknya di tempatkan pada kamar tersendiri secara khusus biar tak terganggu). Kemudian besuk paginya burung akan vit segar,serta lincah.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...