header photo

Saturday, March 17, 2012

Tempat Mandi Kenari



Burung kenari senang mandi, Maka penlu diberi kesempatan untuk mandi. Di negara kita yang tergolong panas, kesempatan untuk mandi besar, dan keperluan burung mandi juga besan. Burung tidaklah perlu dimandikan setiap hari, walaupun sebenarnya menyukai mandi setiap hari. Kebiasaan mandi akan berlangsung terus pada musim penghujan,sehingga kita perlu memperhatikan keadaan cuaca sewaktu memandikan burung-burung ini.



 Hal penting yang perlu diperhatikan sekali adalah sewaktu burung ini masih basah setelah mandi janganlah sampai terkena tiupan angin jahat. Hembusan angin seperti ini dapat menyebabkan burung masuk angin, Dalam keadaan tidak sehat seperti itu penyakit lain mudah menyerang.

Mandi ini sangat penting apalagi sewaktu burung mengalami ganti bulu. Sebab mandi ini akan mempercepat proses pergantian bulu, begitu kata ahli burung. Tempat mandi di dibiarkan berada dalam sangkar. Begitu air diganti (perlu dilakukan penggantian 2 x sehari) burung pasti akan langsung mandi. Sudah tentu menempatkan tempat mandi di dalam sangkar haruslah terjadi di musim panas saja.

Waktu memandikan burung, beberapa cara dapat dilakukan. Ada cara di mana tempat mandi dimasukkan ke dalam sangkar, atau dikaitkan ke pintu sangkar (model ini sudah mulai dijual di pasaran). Dan ada cara lain di mana burung dipindahkan ke sangkar yang dirancang khusus untuk mandi. Yang penting di sini ialah tempat mandi itu jangan sampai tenlalu kecil sehingga membatasi keleluasaan gerak. Bagi kalangan pencipta binatang, pembenian tempat mandi yang tenlalu kecil dinilai menyiksa binatang. Maka bak mandi yang cukup besar bagi seekor burung kenari dapat berukur an 6 x 12 cm dengan kedalaman 3 cm, air setinggi 2 cm sudah eukup untuk mandi burung itu dengan bebas.


Memandikan burung dapat dilakukan pada pagi han maupun sore hari. Yang penting ada sinar dan panas matahari. alasan kuat bahwa memandikan dan menjemur burung di waktu pagi lebih menguntungkan sebab panas matahari dari jam 7 sampai jam 9 pagi masih tidak berbahaya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...