header photo

Wednesday, April 25, 2012

Burung Branjangan, Burung Sawah Yang Rajin Mengoceh


Burung Branjangan sebenarnya merupakan species asli dari Pulau Jawa, namun penyebarannya hingga luar jawa yaitu Sumatera dan Kalimantan dan populasi nya di dua pulau ini tidak begitu banyak seperti di pulau jawa.

Bentuk ukuran tubuh branjangan tidak terlalu besar dan burung ini mempunyai suara yang bagus serta volume suara yang keras dengan variasi lagu yang lengkap, sehinnga tak heran banyak penggemar burung branjangan ini di Indonesia, ciri khasnya burung branjangan ini adalah jika berkicau selalu mengepakkan sayapnya dan sesekali terbang naik dan turun.

Hidupnya di padang sawah terbuka, burung ini pemakan biji-bijian dan serangga, sarang biasanya dibuat dari rerumputan dan jerami padi yang diletakkan di atas tanah.

Burung ini sangat menyukai udara yang panas, karena memang habibat aslinya berupa sawah yang selesai di panen atau rerumputan yang pendek.

Branjangan memiliki panjang tubuh sekitar 15cm dan warna bulu kecoklatan mirip dengan warna burung gereja pada umumnya dan burung ini yang jantan biasanya mempunyai jambul diatas kepalanya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...