header photo

Friday, April 27, 2012

Mengulas Tentang Burung Cucak Jenggot, Burung Spesialis Master


Burung cucak jenggot adalah burung yang pada umumnya untuk dijadikan master burung-burung seperti, murai, anis, ijo, kacer dan lain sebagainya, akan tetapi belakangan ini cucak jenggot telah mempunyai kelas tersendiri dalam kontes perburungan di Indonesia dan pada akhirnya Pamornya makin menanjak seiring dengan ramainya lomba burung berkicau di Tanah Air.

Pada dasarnya burung cucak jenggot ini bukanlah burung yang mempunyai tipe bertarung, jika burung ini rajin mengoceh ini diakibatkan tingkat birahi yang memuncak pada level-level tertentu yang membuat burung tersebut akan menjaga wilayah kekuasaan dia atau menjaga daerah teritorialnya.

Untuk jenis suara atau ocehan cucak jenggot sebetulnya sangatlah monoton tetapi memang banyak para pehobi burung mencari jenis burung ini karena akan dijadikan master karena suara yang khas berupa tembakan-tembakan yang panjang dan keras, tak heran burung ini mempunyai harga yang sangat mahal apabila suara tembakannya yang panjang dan keras.

Cara merawatnyapun sangatlah mudah, dan tidak ada yang istimewa karena memang burung ini tidak rewel seperti halnya burung ocehan lainnya seperti anis, kacer, murai dan ijo, cukup diberi makan pisang dan jangkrikpun burung ini akan rajin berkicau serta mandi dan jemur.

Tidak banyak saya mengulas tentang cucak jenggot ini, karena memang burung ini sama halnya dengan burung ocehan lainnya bedanya burung ini adalah burung special master tembakan yang sangat tajam dan keras, bisa dibuktikan jika sudah dalam topformnya burung ini akan lama berhenti jika sudah berkicau. Salam kicau mania

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...