header photo

Saturday, April 14, 2012

Menyaringkan Suara Burung



Gudang Burung - Banyak burung yang bisa digunakan untuk master. Burung rio-rio misalnya, sebelum adanya lomba burung masteran nama burung rio-rio tak terdaftar sebagai burung lomba ataupun burung favorit melainkan hanya sebagai burung pelengkap saja, yaitu sebagai pemaster burung lomba lainnya. Namun burung asal Sulawesi ini kini mulaidilir oleh para kicaumania. Karena kemampuannya sendiir yang sudah mampu menirukan berbagai jenis suara burung lainnya.Bagi para kicaumania, master kicauan menjadi sesuatu hal yang penting. Pasalnya burung kicauan akan berhasil bunyi tergantung pada pemasteran yang dilakukan oleh si empunya






Di pasaran sendiri rio-rio sudah banyak dicari. Tidak hanya warnanya yang indah, suara yang hebat namun perawatannya juga mudah. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa banyak kicaumania yang menyenanginya.
“Dengan dimandikan, dijemur dan diberi makanan buah-buahan serta extrafoding sesuai takaran mampu membuat burung tersebut siap menjadi master dan siap tempur. Kunci utamanya adalah dari pemberian buah yan gintensif serta berkala atau terpola bisa membuat staminya tetap prima, papar Hadi, salah satu kicaumania
Tidak hanya burung rio-rio yang bisa dijadikan master. Coba tengok burung mozambik, burung kicauan kecil yang cerewet ini sangat atraktif. Mozombaik masih ada hubungan saudara dengan kenari, burung ini berusia panjang dan akan menghibung dengan nyanyian merdu mereka.

Pejantan dan betina dapat dibedakan dengan kalung titik hitam yang melingkar di leher betina. Cara termudah untuk membedakannya adalah setelah dewasa. Penjantan memiliki nyanyian yang menyenangkan dan dinyanyikan teratur sepanjang hari. Penjantan memiliki warna bulu abu kehijauan bergaris kuning dan dada kuning terang. Secara umum, lebih terang dan cerah dalam warna. Dan bernyanyi. Betina berwarna sama, secara umum lebih ‘dof’warnanya dan memakai kalung titik hitam sepanjang lehernya. “Burung mozambik sangat senang mandi, jadi sediakan bak mandi untuk mereka. Tempat minum harus selalu dibersihkan untuk mencegah penyakit apalagi bila mereka juga memakai tempat yang sama untuk mandi. Karena itu sebainya tempat minum dan tempat mandi disediakan terpisah,” katanya.

Mozambik juga sangat menykau sayuran seperti sawi, bayam, atau pisang raja. Mereka juga memakan serangga kecil, seperti rayap dan kroto. Bisa juga ditambahkan dengan sedikit ulat hongkong dan bijian yang telah direndam.

Blackthroat atau si bung penyanyi cilik in juga bisa dijadikan master isian. Blackthroat atau si burung penyanyi cilik ini juga bisa dijadikan master isian. Blackthroat mempunyai ciri fisik dimana pada bagian kerongkongannya terdapat warna hitam pekat yang terlihat seperti burung ini sedang memakai dasi di lehernya atau terdapat noktah hitam di lehernya.

“Banyak kicaumania yang tertarik dengan burung yang satu ini karena keterampilannya menyanyikan lagu yang merdu dan keras, apalagi jika mereka menyanyi di alam bebas, suaranya akan begitu indah sehingga bisa memikat. Blackthroat betina, karena suaranya dapat terdengar sampai ratusan meter, “terangnya. Kelebihan lainnya adalah karena sifatnya yang poligami atau dalam kata lain, satu Blackthroat jantan dapat dikawinkan dengan lebihd ari satu betina sehignga bagi para penangkar tentu sangat menguntungkan.


Burung ini juga terkenal mempunyai mental yang berani, terbukti dengan kemampuannya dapat kawin dengan burung kenari yang secara fisik mempunyai ukuran tubuhlebih besar. Blackthroat juga dapat dikawinkan dengan Herda Sanger, Mozambik, bahkan gelatik.

Burung Blackthroat juga dapat menirukan suara burung lain (bersifat mimikri), burung ini merupakan master yang baik bagi burung lomba karena seppd dan volume serta nada nyanyian indah yang dibawakannya. Satu lagi yang merupakan ciri khas dari burung ini adlaah sifatnya yang over protektif terhadap anaknya. Jika dalam masa mengeram burun gini diganggu, maka burung ini dapat mematuki anaknya sampai mati. Burung Blackthroat merupakan burung yan gkicauannya sangat indah, mengalun sangat merdu dengan irama tinggi dan rendah dengan kicauan yang panjang tidak tidak

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...