header photo

Thursday, April 26, 2012

Tips Mengatasi Kram Pada Kaki Murai Batu


Mungkin ini adalah hal yang jarang terjadi atau mungkin bisa juga jarang kita memperhatikannya pada burung kesayangan kita, yaitu terjadinya kram pada kaki burung murai ataupun pada kaki burung ocehan/kicau lainnya.

Berikut ini saya ambil artikel dari Bpk. Anang Dewanto dan Maloedyn Sitanggang dalam bukunya yang berjudul “ Merawat dan Melatih Burung Kicauan “.

Kram pada kaki burung biasanya jika kita perhatikan akan tampak jelas terlihat ketika burung terbang dan hinggap di tangkringan atau di tenggeran, kakinya tampak kesulitan untuk mencengkram tenggeran dan seperti akan jatuh, padahal jika berdiri diam ditenggeran kaki burung tampak terlihat normal.

Kondisi ini mungkin bisa saja disebabkan karena kaki burung murai ini / burung ocehan terselip jeruji atau alas sangkar, terkilir atau bisa juga penyebab lainnya, berikut ini salah satu cara yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi kram pada kaki burung murai dan burung ocehan lainnya:
  • Berikan makanan yang segar ( fresh ), dan ganti voer 3 hari sekali dan tingkatkan porsi pemberian kroto segar serta jangkrik.
  • Semprotkan kaki burung dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan gram.
  • Lakukan penjemuran burung dibawah sinar matahari yang cukup, jangan terlalu lama.
  • Atau bisa juga urutkan kaki burung dengan minyak buah pala.
Itulah tips yang bisa saya bagikan kepada para pecinta burung berkicau, kiranya dapat bermanfaat untuk semuanya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...