header photo

Monday, May 7, 2012

Merawat Burung Ketika Musim Hujan


Bagi para pecinta burung berkicau cuaca atau hari yang cerah adalah yang menggembirakan, bagaimana tidak, karena dengan cuaca yang cerah dan normal kita bisa menjemur burung di pagi hari dan juga sore hari dengan teratur yang akan memberikan manfaat untuk burung-burung kesayangan itu sendiri, akan tetapi jika cuaca buruk dan tak menentu maka akan repot juga merawat burung.

Cuaca memang tidak dapat diprediksi pada akhir-akhir ini dan bisa jadi jika cuaca buruk atau kurang baik justru akan mempengaruhi juga performa pada burung peliharaan anda.

Untuk itu waspadalah terhadap burung-burung anda jika terjadi cuaca yang kurang baik terlebih-lebih pada masa musim penghujan, karena biasanya pada musim penghujan sangat rentan penyakit terhadap burung-burung kesayangan anda, karena burung akan kurang dalam penjemuran dan kurangnya akan sinar matahari.

Cuaca yang kurang bersahabat pada akhir-akhir ini dapat berkibat kurang baik terhadap burung-burung peliharaan Anda.

Pada musim penghujan waspadilah beberapa penyakit yang kemungkinan muncul pada burung kesayangan Anda.

Sebaiknya apabila pada pagi hari terdapat sinar matahari secepatnya Anda keluarkan semua burung peliharaan yang berada di dalam rumah. Jemur selama sinar matahari masih ada.

Hal ini berguna untuk menghindari hawa lembab yang terdapat di dalam sangkar burung terutama kotoran burung yang dapat menimbulkan penyakit.

Berikan makanan yang banyak mengandung vitamin dan antibodi. Apabila cuaca memungkinkan tidak ada salahnya burung dimandikan.

Namun tidak perlu berlama-lama sebab khawatir sinar matahari yang muncul  tidak berlangsung lama.

Cukup sekedarnya saja burung peliharaan Anda dimandikan. Berikan Antiseptik atau cairan desinfektan pada sangkar burung tersebut.

Karena itu, sebaiknya dianjurkan untuk selalu memperhatikan dan memantau perkembangan serta tingkah laku burung pada musim pancaroba karena dengan adanya perubahan musim biasanya burung akan berubah seperti biasanya.

Para pehobi burung kicau mania, setidaknya kita juga harus memperhatikan kesehatan burung walaupun memang kelihatannya burung kita selalu tampil sehat, mau berkicau, tapi kita juga harus memperhatikan dan selalu memantau perkembangan burung serta tingkah lakunya setiap hari, apalagi jika burung yang dirumah anda termasuk cukup banyak, wah harus extra perhatiannya satu persatu, karena jika kita telaten dan selalu memperhatikan burung satu persatu kita akan mengetahui sedini mungkin dan dapat diatasi atau diobati agar tidak terlambat parah sakitnya.

Ada beberapa gejala-gejala umum pada burung yang kurang sehat dan itu jelas kita lihat dengan mata telanjang, diantaranya salah satunya ialah:
  • Burung akan malas berkicau, jika memang biasanya sangat rajin.
  • Mata kelihatan mengantuk dan lesu serta kelihatan kurang gerak/tidak bergairah.
  • Bulu terlihat merinding atau menggembul dan selalu ada dipinggir tangkringan.
  • Bulu tampak kusam tidak mengkilap.
  • Tidak adanya nafsu makan yang sangat lahap.
  • Adapun jika berkicau atau ngoceh hanya seadanya.
  • Jika dimandikan ditempat pemandian akan kelihatan malas dan hanya diam.
Itu adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan walaupun kelihatannya memang biasa atau umum, tapi dibalik itu semua kita juga perlu memperhatikan prilaku burung tersebut dari biasanya.

Jika ada diantara burung-burung tersebut mengalami hal yang sama diatas bisa dikatakan burung tersebut sedang atau mengalami ada yang dirasa atau sakit, karena itu kita harus cepat melakukan pencegahannya dan memberinya pengobatan, dan burung yang kelihatan sakit tersebut harus bisa dipisahkan atau dijauhkan dari burung lainnya yang sehat agar tidak tertular atau bisa juga jika kita mempunyai tempat khusus atau sangkar untuk di karantina.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...